Thursday, May 2, 2013

Animasi dalam Dunia Komputer




Animasi adalah tampilan cepat dari urutan gambar untuk menciptakan sebuah ilusi gerakan. Metode yang paling umum dari presentasi animasi sebagai film atau program video, meskipun ada metode lain. Jenis presentasi biasanya dilakukan dengan kamera dan proyektor atau layar tampilan komputer yang dapat dengan cepat siklus melalui gambar secara berurutan. Animasi dapat dibuat dengan baik tangan diberikan seni, citra yang dihasilkan komputer, atau tiga-dimensi benda, misalnya boneka atau tanah liat angka, atau kombinasi dari teknik. Posisi setiap objek dalam gambar tertentu berkaitan dengan posisi bahwa objek dalam gambar sebelumnya dan berikutnya sehingga benda masing-masing tampak mulus bergerak secara independen satu sama lain. Perangkat melihat menampilkan gambar-gambar dalam suksesi cepat, biasanya 24, 25, atau 30 frame per detik.

Animasi komputer meliputi berbagai teknik, faktor pemersatu adalah bahwa animasi dibuat secara digital pada komputer.

Animasi 2D


Tokoh animasi 2D yang dibuat dan / atau diedit di komputer dengan menggunakan grafis bitmap 2D atau dibuat dan diedit menggunakan grafis vektor 2D. Ini termasuk versi terkomputerisasi otomatis teknik animasi tradisional seperti dari, interpolated morphing, menguliti bawang dan diinterpolasi rotoscoping.
Animasi 2D memiliki banyak aplikasi, termasuk animasi komputer analog, animasi Flash dan animasi PowerPoint. Cinemagraphs masih foto dalam bentuk file GIF animasi dari bagian mana yang animasi.
Animasi 2D disebut juga kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contoh kartun yang terkenal adalah Looney Tunes.


Animasi 3D

3D animasi digital dimodelkan dan dimanipulasi oleh seorang animator. Animator dimulai dengan menciptakan sebuah mesh 3D eksternal untuk memanipulasi. Jala adalah konfigurasi geometris yang memberikan tampilan visual dari bentuk ke objek 3D atau lingkungan 3D. Mesh mungkin memiliki simpul banyak yang merupakan titik geometris yang membentuk mesh, melainkan diberi struktur rangka internal yang digital disebut angker yang dapat digunakan untuk mengontrol mesh dengan bobot. Proses ini disebut tali-temali dan dapat diprogram dengan gerakan dengan keyframes.
Teknik lain dapat diterapkan, seperti fungsi matematika (ex. gravitasi, simulasi partikel), bulu atau rambut simulasi, efek seperti simulasi kebakaran dan air. Teknik-teknik ini jatuh di bawah kategori dinamika 3D.

Jenis-jenis animasi 3D
  • Cel-shaded animasi digunakan untuk meniru animasi tradisional dengan menggunakan software CG. Shading terlihat mencolok, dengan warna yang kurang blending. Contoh termasuk, Skyland (2007, France), Appleseed Ex Machina (2007, Jepang), The Legend of Zelda: Wind Waker (2002, Jepang)
  • Machinima - Film yang dibuat oleh layar menangkap dalam permainan video dan dunia maya.
  • Motion capture digunakan ketika live-action aktor memakai jas khusus yang memungkinkan komputer untuk menyalin gerakan mereka menjadi karakter CG. Contohnya termasuk Polar Express (2004, USA), Beowulf (2007, USA), A Christmas Carol (2009, USA), The Adventures of Tintin (2011, USA)
  • Foto-realistis animasi digunakan terutama untuk animasi yang mencoba menyerupai kehidupan nyata, dengan menggunakan render canggih yang membuat kulit rinci, tanaman, air, api, awan, dll untuk meniru kehidupan nyata. Contohnya termasuk Up (2009, USA), Kung-Fu Panda (2008, USA), Ice Age (2002, USA).


Sumber
http://kerockan.blogspot.com/2010/01/melihat-perbedaan-animasi-2d-dan-3d.html

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Berkah dari Tuhan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger