Animasi adalah
tampilan cepat dari urutan gambar untuk menciptakan sebuah ilusi gerakan.
Metode yang paling umum dari presentasi animasi sebagai film atau program
video, meskipun ada metode lain. Jenis presentasi biasanya dilakukan dengan
kamera dan proyektor atau layar tampilan komputer yang dapat dengan cepat
siklus melalui gambar secara berurutan. Animasi dapat dibuat dengan baik tangan
diberikan seni, citra yang dihasilkan komputer, atau tiga-dimensi benda,
misalnya boneka atau tanah liat angka, atau kombinasi dari teknik. Posisi
setiap objek dalam gambar tertentu berkaitan dengan posisi bahwa objek dalam
gambar sebelumnya dan berikutnya sehingga benda masing-masing tampak mulus
bergerak secara independen satu sama lain. Perangkat melihat menampilkan
gambar-gambar dalam suksesi cepat, biasanya 24, 25, atau 30 frame per detik.
Animasi komputer
meliputi berbagai teknik, faktor pemersatu adalah bahwa animasi dibuat secara
digital pada komputer.
Animasi 2D
Animasi 2D memiliki banyak
aplikasi, termasuk animasi komputer analog, animasi Flash dan animasi
PowerPoint. Cinemagraphs masih foto dalam bentuk file GIF animasi dari bagian
mana yang animasi.
Animasi 2D disebut juga kartun. Kartun sendiri berasal dari
kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contoh kartun yang terkenal adalah
Looney Tunes.
Animasi 3D
Teknik lain dapat diterapkan,
seperti fungsi matematika (ex. gravitasi, simulasi partikel), bulu atau rambut
simulasi, efek seperti simulasi kebakaran dan air. Teknik-teknik ini jatuh di
bawah kategori dinamika 3D.
Jenis-jenis animasi 3D
- Cel-shaded animasi digunakan untuk meniru animasi tradisional dengan menggunakan software CG. Shading terlihat mencolok, dengan warna yang kurang blending. Contoh termasuk, Skyland (2007, France), Appleseed Ex Machina (2007, Jepang), The Legend of Zelda: Wind Waker (2002, Jepang)
- Machinima - Film yang dibuat oleh layar menangkap dalam permainan video dan dunia maya.
- Motion capture digunakan ketika live-action aktor memakai jas khusus yang memungkinkan komputer untuk menyalin gerakan mereka menjadi karakter CG. Contohnya termasuk Polar Express (2004, USA), Beowulf (2007, USA), A Christmas Carol (2009, USA), The Adventures of Tintin (2011, USA)
- Foto-realistis animasi digunakan terutama untuk animasi yang mencoba menyerupai kehidupan nyata, dengan menggunakan render canggih yang membuat kulit rinci, tanaman, air, api, awan, dll untuk meniru kehidupan nyata. Contohnya termasuk Up (2009, USA), Kung-Fu Panda (2008, USA), Ice Age (2002, USA).
Sumber
http://kerockan.blogspot.com/2010/01/melihat-perbedaan-animasi-2d-dan-3d.html
0 comments:
Post a Comment