Thursday, May 2, 2013

Mengenal Open GL


Apa itu OpenGL ???



Mungkin beberapa orang mengira bahwa OpenGL adalah bahasa Pemrograman, Tapi sebenarnya tidak. OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API(Application Programmer Interface) untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D. API berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Interface ini terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. 

OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam pembuatan game. DirectX milih Microsoft masih banyak digunakan oleh game developer untuk mengembangkan gamenya.

Bagaimana cara Menginstalnya???

Pertama kita harus memiliki aplikasi bahasa pemrograman C/C++.(disini kami menggunakan microsoft visual C++ 2012 express)
kemudian kita install GLUT (OpenGL Utility Toolkit ) dengan cara sebagai berikut:
    • membuat folder include di dalam project terlebih dahulu
    • menyalin glut.h kedalam folder include yang telah kita buat
    • menyalin glut32.lib kedalam folder project
    • menyalin glut32.dll kedalam direktori  C:\WINDOWS\system32

1 comments:

 
Copyright © . Berkah dari Tuhan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger