Thursday, May 2, 2013

Primitif Objek


Sistem koordinat

Dalam memulai fungsi primitive object, lebih baik mengenal sistem koordinat dahulu. Sistem koordinat pada openGL sama dengan diagram cartesius. Lokasi setiap titik dalam sistem koordinat kartesian dua dimensi ditentukan oleh dua besaran. Nilai dua besaran tersebut apabila digambar akan membentuk suatu sumbu koordinat mendatar yang sering dikenal dengan sumbu x dan sumbu koordinat tegak yang sering dikenal dengan sumbu y. 

Sedangkan dalam sistem koordinat tiga dimensi terdapat suatu sumbu lain selain sumbu x dan sumbu y yaitu sumbu z yang arahnya tegak lurus terhadap sumbu x dan sumbu y
Fungsi utama (dan mungkin fungsi OpenGL yang paling sering digunakan) adalah fungsi bernama glVertex. Fungsi ini mendefinisikan titik (atau titik) di dunia 3D Anda dan dapat bervariasi dari menerima 2 sampai 4 koordinat. 

Berikut beberapa variasinya:

glVertex2f (100.0f, 150.0f), mendefinisikan titik pada x = 100, y = 150, z = 0, fungsi ini hanya membutuhkan 2 parameter, z selalu 0. glVertex2f dapat digunakan dalam kasus-kasus khusus dan tidak akan banyak digunakan kecuali jika Anda bekerja dengan pseudo-2D sprite atau segitiga dan titik-titik yang selalu harus dibatasi oleh koordinat mendalam.

glVertex3f (100.0f, 150.0f,-25.0f), mendefinisikan titik pada x = 100, y = 150, z =-25.0f, fungsi ini membutuhkan 3 parameter, menentukan titik sepenuhnya di dunia 3D. Fungsi ini akan banyak digunakan untuk menentukan setiap jenis bentuk.

glVertex4f (100.0f, 150.0f,-25.0f, 1.0f), ini adalah sama dengan glVertex3f, satu-satunya perbedaan adalah dalam koordinat terakhir yang menentukan faktor skala. Faktor skala diatur ke 1.0f secara default. Hal ini dapat digunakan untuk membuat poin 3D Anda terlihat lebih tebal dari satu pixel.

Fungsi Primitive

Fungsi primitive adalah fungsi utama yang menjadi dasar untuk menggambar berbagai bentuk. Objek primitive merupakan hasil penggambaran fungsi primitive, contoh: titik, garis, segitiga dll
Berikut beberapa fungsi primitive yang dapat digunakan:

GL_POINTS
Untuk menggambar titik

GL_LINES
Untuk menggambar garis

GL_LINE_STRIP
Untuk menggambar lebih dari satu garis, titik terakir tidak tersambung dengan titik pertama

GL_LINE_LOOP
Untuk menggambar garis yang sambung antar titiknya

GL_TRIANGLES
Untuk menggambar segitiga

GL_TRIANGLE_STRIP
Untuk menggambar bangun bebas minimal segitiga

GL_TRIANGLE_FAN
Untuk menggambar bangun bebas minimal segitiga

GL_QUADS
Untuk menggambar segiempat

GL_QUAD_STRIP
Untuk menggambar segibebas mnimal segiempat

GL_POLYGON
Untuk menggabar bangun bebas


Daftar rujukan

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Berkah dari Tuhan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger