Sistem koordinat
Dalam memulai fungsi primitive object, lebih baik
mengenal sistem koordinat dahulu. Sistem koordinat pada openGL sama dengan
diagram cartesius. Lokasi
setiap titik dalam sistem koordinat kartesian dua dimensi ditentukan oleh dua
besaran. Nilai dua besaran tersebut apabila digambar akan membentuk suatu sumbu
koordinat mendatar yang sering dikenal dengan sumbu x dan sumbu koordinat tegak
yang sering dikenal dengan sumbu y.
Sedangkan dalam sistem koordinat tiga dimensi terdapat suatu sumbu lain selain sumbu x dan sumbu y yaitu sumbu z yang arahnya tegak lurus terhadap sumbu x dan sumbu y
Sedangkan dalam sistem koordinat tiga dimensi terdapat suatu sumbu lain selain sumbu x dan sumbu y yaitu sumbu z yang arahnya tegak lurus terhadap sumbu x dan sumbu y
Fungsi utama (dan mungkin fungsi OpenGL yang paling
sering digunakan) adalah fungsi bernama glVertex. Fungsi ini mendefinisikan
titik (atau titik) di dunia 3D Anda dan dapat bervariasi dari menerima 2 sampai
4 koordinat.
Berikut beberapa variasinya:
Berikut beberapa variasinya:
glVertex2f (100.0f, 150.0f), mendefinisikan titik pada x = 100, y = 150, z = 0, fungsi ini hanya membutuhkan 2 parameter, z selalu 0. glVertex2f dapat digunakan dalam kasus-kasus khusus dan tidak akan banyak digunakan kecuali jika Anda bekerja dengan pseudo-2D sprite atau segitiga dan titik-titik yang selalu harus dibatasi oleh koordinat mendalam.
glVertex3f (100.0f, 150.0f,-25.0f), mendefinisikan titik pada x = 100, y = 150, z =-25.0f, fungsi ini membutuhkan 3 parameter, menentukan titik sepenuhnya di dunia 3D. Fungsi ini akan banyak digunakan untuk menentukan setiap jenis bentuk.
glVertex4f (100.0f, 150.0f,-25.0f, 1.0f), ini adalah sama dengan glVertex3f, satu-satunya perbedaan adalah dalam koordinat terakhir yang menentukan faktor skala. Faktor skala diatur ke 1.0f secara default. Hal ini dapat digunakan untuk membuat poin 3D Anda terlihat lebih tebal dari satu pixel.
Fungsi Primitive
Fungsi primitive adalah fungsi utama yang menjadi
dasar untuk menggambar berbagai bentuk. Objek primitive merupakan hasil
penggambaran fungsi primitive, contoh: titik, garis, segitiga dll
Berikut beberapa fungsi primitive yang dapat
digunakan:
GL_POINTS
Untuk menggambar titik
GL_LINES
Untuk menggambar garis
GL_LINE_STRIP
Untuk menggambar lebih dari satu garis, titik
terakir tidak tersambung dengan titik pertama
GL_LINE_LOOP
Untuk menggambar garis yang sambung antar titiknya
GL_TRIANGLES
Untuk menggambar segitiga
GL_TRIANGLE_STRIP
Untuk menggambar bangun bebas minimal segitiga
GL_TRIANGLE_FAN
Untuk menggambar bangun bebas minimal segitiga
GL_QUADS
Untuk menggambar segiempat
GL_QUAD_STRIP
Untuk menggambar segibebas mnimal segiempat
GL_POLYGON
Untuk menggabar bangun bebas
Daftar rujukan
0 comments:
Post a Comment